Pengertian 
e-Business atau definisi e-business
 adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis 
dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business 
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan
 data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. 
E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan 
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
 pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan
 elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih 
merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi 
segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, 
termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce 
lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. 
Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai 
goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk 
value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), 
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order 
elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama 
dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran 
data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, 
Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya
 Pembagian e-business antara lain :
    Customer Relationship Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan pelayanan, anggapan dari konsumen.
    Enterprise Resource Planning (ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and finance, human resource, sales and distribution, order management.
    Enterprise Application Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
    Supply Chain Management (SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang sifatnya profesional sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya.
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. System ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular. Tujuan system ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara keseluruhan. ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis serta pelanggan.
Manfaat implementasi e-business adalah :
    meningkatkan kinerja operasional perusahaan
    meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
    meningkatkan efisiensi perusahaan
    mempermudah pengolahan aset perusahaan
    meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
    meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
    mengatasi kesenjangan digital
    media mempromosikan kompetensi perusahaan
    memperlancar transaksi bisnis
    sarana penyebaran informasi secara luas
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang 
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa 
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau 
jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana 
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori 
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai 
aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan 
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM 
(supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran 
online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online 
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data 
interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana 
cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi 
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
 pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan 
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat 
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
 halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang 
ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat 
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan 
periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, 
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar 
pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, 
pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat 
diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak 
hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim 
manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang 
bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan 
keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, 
Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat 
tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Perbedaan e-business dengan e-commerce
e-commerce : mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara electronik termasuk internet.
e-business : memiliki definisi lebih luas dari e-commerce karena di dalamnya tidak hanya pembelian dan penjualan namun layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis dan mengelola transaksi elektronik dalam organisasi. atau dapat disimpulkan e-business mencakup segala aktivitas dan aspek yang ada di ecommerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi). 
sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
Pembagian e-business antara lain :
-         Customer Relationship
Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis
berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan
dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan
pelayanan, anggapan dari konsumen.
 
- Enterprise Resource Planning
(ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam
kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping,
dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut
hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and
finance, human resource, sales and distribution, order management.
 
- Enterprise Application
Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan
memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi
sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
 
-         Supply Chain Management
(SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM
menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
 
Customer Relationship
Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari 
software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan 
(profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer 
satisfaction). secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang 
sifatnya profesional sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada
 pelanggannya.
  
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah system
informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,
informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. System ERP
didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
Tujuan system ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara
keseluruhan. ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk
otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis serta pelanggan.
Manfaat implementasi e-business adalah :
- meningkatkan kinerja operasional perusahaan
 
- meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
 
- meningkatkan efisiensi perusahaan
 
- mempermudah pengolahan aset perusahaan
 
- meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
 
- meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
 
- mengatasi kesenjangan digital
 
- media mempromosikan kompetensi perusahaan
 
- memperlancar transaksi bisnis 
 
- sarana penyebaran informasi secara luas
 
Sumber:  http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/#ixzz2CjE6DJ 
Pembagian e-business antara lain :
-         Customer Relationship
Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis
berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan
dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan
pelayanan, anggapan dari konsumen.
 
- Enterprise Resource Planning
(ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam
kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping,
dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut
hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and
finance, human resource, sales and distribution, order management.
 
- Enterprise Application
Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan
memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi
sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
 
-         Supply Chain Management
(SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM
menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
 
Customer Relationship
Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari 
software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan 
(profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer 
satisfaction). secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang 
sifatnya profesional sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada
 pelanggannya.
  
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah system
informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,
informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. System ERP
didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
Tujuan system ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara
keseluruhan. ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk
otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis serta pelanggan.
Manfaat implementasi e-business adalah :
- meningkatkan kinerja operasional perusahaan
 
- meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
 
- meningkatkan efisiensi perusahaan
 
- mempermudah pengolahan aset perusahaan
 
- meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
 
- meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
 
- mengatasi kesenjangan digital
 
- media mempromosikan kompetensi perusahaan
 
- memperlancar transaksi bisnis 
 
- sarana penyebaran informasi secara luas
 
Sumber:  http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/#ixzz2CjE6DJsf 
Pembagian e-business antara lain :
-         Customer Relationship
Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis
berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan
dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan
pelayanan, anggapan dari konsumen.
 
- Enterprise Resource Planning
(ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam
kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping,
dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut
hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and
finance, human resource, sales and distribution, order management.
 
- Enterprise Application
Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan
memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi
sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
 
-         Supply Chain Management
(SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM
menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
 
Customer Relationship
Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari 
software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan 
(profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer 
satisfaction). secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang 
sifatnya profesional sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada
 pelanggannya.
  
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah system
informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,
informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. System ERP
didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
Tujuan system ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara
keseluruhan. ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk
otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis serta pelanggan.
Manfaat implementasi e-business adalah :
- meningkatkan kinerja operasional perusahaan
 
- meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
 
- meningkatkan efisiensi perusahaan
 
- mempermudah pengolahan aset perusahaan
 
- meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
 
- meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
 
- mengatasi kesenjangan digital
 
- media mempromosikan kompetensi perusahaan
 
- memperlancar transaksi bisnis 
 
- sarana penyebaran informasi secara luas
 
Sumber:  http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/#ixzz2CjE6DJsf